Berita

DORONG UMKM GO DIGITAL & MITIGASI DAMPAK PANDEMI COVID-19, PEMERINTAH KOTA MEDAN JALIN KERJA SAMA DENGAN PT. TOKOPEDIA TENTANG PENGEMBANGAN PELAYANAN PUBLIK DAN EKONOMI DIGITAL DI KOTA MEDAN
Senin, 31 Agustus 2020, 17:23:50 WIB
Kategori: Dalam Negeri
926 Kali Di Lihat

Share :    




Medan, 31 Agustus 2020 – Pandemi Covid-19 yang kita hadapi sekarang telah mengguncang seluruh sektor kehidupan kita, baik itu kehidupan sosial terlebih-lebih sektor ekonomi. Pada sektor ekonomi, dampak pandemi ini tentunya tidak hanya dirasakan oleh pelaku ekonomi besar, namun dampaknya juga sangat terasa bagi pelaku UMKM kita. Menurunnya penjualan, kesulitan mendapatkan bahan baku produk, serta kesulitan dalam pemasaran secara konvensional adalah beberapa kendala yang dihadapi para pelaku UMKM, khususnya di Kota Medan.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Medan, melalui Dinas Koperasi UKM Kota Medan telah mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka mitigasi dampak Pandemi Covid-19 bagi pelaku UMKM di Kota Medan.

Salah satu langkah yang diambil adalah mendorong pelaku UMKM untuk dapat eksis dan memasarkan produknya secara online melalui media digital. Karena langkah tersebut dipandang strategis selaras dengan perkembangan industri 4.0 serta kondisi pandemi Covid-19 yang membatasi kita untuk berinteraksi secara langsung dan massive.

Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kota Medan melakukan kerja sama dengan PT. Tokopedia tentang Pengembangan Pelayanan Publik dan Ekonomi Digital di Kota Medan. Kerja sama tersebut disepakati dan ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si di Command Centre  Kantor Wali Kota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis No. 2 Kelurahan Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Senin (31/8).

Adapun maksud kesepakatan bersama ini adalah untuk menyusun pola kerja sama dalam pengembangan pelayanan publik dan ekonomi digital secara mudah, cepat, dan murah yang memberikan manfaat yang luas kepada UMKM dan masyarakat Kota Medan. Sedangkan tujuan kesepakatan bersama ini adalah untuk mensinergikan dan mengoptimalkan kerja sama untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, pelayanan publik yang efisien, mudah dan nyaman dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital di wilayah Kota Medan.

Penandatanganan naskah kerjasama yang dilakukan Plt. Wali Kota Medan didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kota Medan, Khairul Syahnan, Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP, dan Plt. Kabag. Hubungan Antar Kota dan Daerah, Indra Gunawan. Mewakili pihak Tokopedia, dalam penandatangan tersebut hadir Vice President of Public Policy and Government Relations PT Tokopedia, Astri Wahyuni, Regional Lead Public Policy and Government Relations PT. Tokopedia, Emmiryzan, melalui video conference (vidcon).

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, mengucapkan terima kasih kepada PT. Tokopedia yang telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Koperasi UKM Kota Medan untuk memajukan dan mensejahterakan perekonomian UMKM yang ada di Kota Medan khususnya di masa pandemic Covid-19.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PT. Tokopedia yang telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Koperasi UKM Kota Medan untuk memajukan perekonomian pelaku UMKM yang ada di Kota Medan terlebih-lebih di masa pandemi Covid-19” demikian tutup Akhyar.