Berita

DUKUNG AKSELERASI KEBANGKITAN UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DAN TRANSFORMASI UMKM DI ERA DIGITAL; PEMERINTAH KOTA MEDAN HADIRI PEMBUKAAN PAMERAN KARYA KREATIF SUMUT (KKSU) 2020 YANG DISELENGGARAKAN OLEH BANK INDONESIA
Jumat, 28 Agustus 2020, 15:48:01 WIB
Kategori: Ekonomi Kreatif
505 Kali Di Lihat

Share :    




Medan, 28 Agustus 2020 – Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, diwakili Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP, menghadiri pembukaan Pameran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia secara semi virtual di Gedung PLUT Jalan Jendral Gatot Subroto, Medan pada hari Jum’at tanggal 28 Agustus 2020.

Pameran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) merupakan event pameran pertama yang diselenggarakan secara semi virtual di tahun 2020, di tengah kondisi pandemi Covid-19. Kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi secara virtual dari Jakarta.

Pameran KKSU 2020 ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara, Bapak Edy Rahmayadi. Kepala Bank Indonesia Wilayah Sumut, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan pameran KKSU 2020 ini merupakan rangkaian dari event tahunan Karya Kreatif Indonesia Tahun 2020 yang secara resmi telah dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia, Bapak Perry Warjiyo.

"Pagelaran KKSU 2020 mengangkat Tema “Pesona Kain dan Kopi Sumatera Utara”. Tema ini dipilih sebagai upaya kita untuk terus memperkenalkan kekayaan alam dan warisan budaya kain di Sumatera Utara yang telah dikenal luas di nusantara maupun secara global," ujar Bapak Perry Warjiyo.

KKSU 2020 ini juga ditujukan sebagai salah satu upaya untuk mengakselerasi kebangkitan UMKM di tengah pandemi Covid-19 dan adaptasi UMKM menjalani kehidupan normal yang baru, serta mendorong UMKM dalam memanfaatkan peluang untuk bertransformasi dan berinovasi di era digital, khususnya produk UMKM di bidang fashion, food, dan kopi.

"Kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu bentuk komitmen kita semua dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Dan KKSU 2020 ini akan dilaksanakan secara semi virtual selama 3 hari terhitung sejak tanggal 28 Agustus 2020 sampai dengan 30 Agustus 2020," ujarnya.

Pemerintah Kota Medan, melalui Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP, mendukung penuh kegiatan-kegiatan seperti ini, terlebih lagi sebagaimana dikatakan oleh Bapak Wiwiek Sisto Widayat, bahwa event KKSU ini mendorong UMKM untuk lebih meningkatkan perannya diranah ekonomi digital seperti saat ini.

“semoga event yang diadakan di tengah masa pandemi COVID-19 ini, membawa angin segar bagi kebangkitan UMKM serta wadah bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan inovasi dan transformasi agar dapat eksis di era ekonomi digital” demikian tandas Ibu Edliaty.