Berita

PEMERINTAH KOTA MEDAN MELALUI DINAS KOPERASI UKM KOTA MEDAN DUKUNG PENGEMBANGAN WIRAUSAHA KECIL DAN MENENGAH PADA KAWASAN RAWAN DAN RENTAN NARKOBA DI KOTA MEDAN
Rabu, 26 Agustus 2020, 11:39:52 WIB
Kategori: Dalam Negeri
355 Kali Di Lihat

Share :    




Medan, 26 Agustus 2020 – Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, diwakili Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP, menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis Bagi Pendamping, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda pada Kawasan Rawan Narkoba dan Rentan Narkoba di Provinsi Sumatera Utara, yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, melalui Deputi Pemberdayaan Masyarakat, pada hari Rabu, tanggal 26 Agustus 2020 di Four Point Hotel, Jalan Gatot Subroto No. 395, Sei Sikambing, Medan.

Dalam materi yang mengusung tema “Pengembangan Wirausaha Kecil dan Menengah bagi Masyarakat pada Kawasan Rawan dan Rentan Narkoba di Provinsi Sumatera Utara”, Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP, memaparkan langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Medan dalam mendukung Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) antara lain: 1) Kebijakan Program P4GN bagi Pemerintah Daerah; 2) Implementasi Program P4GN di Kota Medan; 3) Implementasi Program Pemberdayaan Alternatif di Kota Medan; 4) Sinergitas BNNP dan Pemerintah Kota Medan di Kawasan Rawan Narkoba di Medan, 5) Pengembangan Wirausaha di Kota Medan Melalui Dinas Koperasi UKM Kota Medan.

Terkait Pengembangan Wirausaha di Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP, dalam merespon kondisi terkini pandemi COVID-19, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Koperasi UKM Kota Medan mendorong Produk Koperasi dan UMKM untuk Go Digital.

“dalam merespon era industri 4.0 dan sebagai langkah mitigasi terhadap dampak pandemi COVID-19, strategi pemasaran produk yang selama ini kita lakukan secara konvensional, perlu kita update ke arah ekosistim penjualan online” tegas Dra. Edliaty, M.AP.

Dinas Koperasi UKM Kota Medan, dalam Tugas Pokok dan Fungsinya sebagai institusi pembina Koperasi dan UKM di Kota Medan, telah melakukan sosialisasi dan edukasi untuk merubah mindset dan mendorong pelaku UMKM ke arah pemasaran digital.

Sebagai penutup, Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan mendorong agar para Pendamping, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda pada Kawasan Rawan dan Rentan Narkoba khususnya di Kota Medan untuk berperan sebagai motivator untuk mendorong tumbuhnya pelaku UMKM produktif di kawasan rawan dan rentan narkoba.

“mari bersinergi untuk menumbuh kembangkan UMKM produktif khususnya di kawasan rawan dan rentan narkoba di Kota Medan” demikian tutup Dra. Edliaty, M.AP.