Berita

PEMERINTAH KOTA MEDAN APRESIASI BBPSDM DAN PENELITIAN KEMENKOMINFO ADAKAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP ACADEMY (DEA) BAGI PELAKU UMKM KOTA MEDAN
Kamis, 17 Juni 2021, 21:18:14 WIB
Kategori: Ekonomi Kreatif
192 Kali Di Lihat

Share :    




Medan, 17 Juni 2021 – Pemerintah Kota Medan mengapresiasi kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi pelaku UMKM Kota Medan pada hari Kamis, 17 Juni 2021. Kegiatan ini merupakan Kolaborasi antara Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kemenkominfo, Dinas Kominfo Kota Medan, serta Dinas Koperasi UKM Kota Medan.Medan, 17 Juni 2021 – Pemerintah Kota Medan mengapresiasi kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi pelaku UMKM Kota Medan pada hari Kamis, 17 Juni 2021. Kegiatan ini merupakan Kolaborasi antara Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kemenkominfo, Dinas Kominfo Kota Medan, serta Dinas Koperasi UKM Kota Medan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penguatan bagi pelaku UMKM Kota Medan agar bisa berkembang di era digital saat ini. Hal ini disampaikan Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, diwakili Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP saat membuka kegiatan dimaksud.

Turut hadir pada acara dimaksud Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kemenkominfo Medan, Irbar Samekto, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Medan, Mansursyah, S.Sos, serta Kepala Seksi Keanggotaan dan Penerapan Peraturan Diskop UKM Medan, Anwar Syarif, S.Pi, M.I.L., yang bertindak sebagai narasumber pada hari pertama kegiatan, dan diikuti oleh puluhan pelaku UMKM Kota Medan sebagai peserta.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kemenkominfo Medan atas diselenggarakannya Digital Entrepreneurship Academy (DEA) ini. Kegiatan yang bertemakan Penguatan UMKM digital untik peningkatan ekonomi masyarakat tentunya sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM” ungkap Edliaty.

Edliaty juga menambahkan, Dinas Koperasi UKM Kota Medan, dalam melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM juga telah mengadopsi dan mengadaptasi materi-materi yang terkait dengan pengembangan ekosistem ekonomi digital.

Dalam paparannya, Kepala Seksi Keanggotaan dan Penerapan Peraturan Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Anwar Syarif, S.Pi, M.I.L., mewakili Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP, menegaskan “mau tidak mau, suka tidak suka, kita sudah dihadapkan pada era ekonomi digital”. Paparan yang bertajuk, Kolaborasi Produk UMKM dan Koperasi Kota Medan “Go Digital”, dalam rangka Peningkatan Pemanfaatan Marketplace untuk Penguatan Ekosistem Ekonomi Digital.

Dalam penyampaian materi, Anwar Syarif, memaparkan langkah-langkah yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM Kota Medan untuk mewujudkan Visi Misi Wali Kota Medan. Langkah-langkah tersebut antara lain;

  1. Kolaborasi pendataan pelaku UMKM Kota Medan secara digital dan terintegrasi;
  2. Menjadikan Pemerintah Kota Medan sebagai pasar (market) bagi pelaku UMKM Kota Medan terutama UMKM Makan Minum dengan melibatkan dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah melalui E-Katalog Lokal Makan Minum;
  3. Edukasi dan Pembinaan Pelaku KUKM tentang Ekonomi Digital dan Pemasaran Digital (Digital Marketing);
  4. Melalukan Kolaborasi dengan Marketplace Nasional terkait Pemasaran Produk UMKM secara digital;

Pada bagian akhir pemaparan, Anwar Syarif menyampaikan Pemerintah Kota Medan dalam hal ini Dinas Koperasi UKM Kota Medan, mengharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas diri agar dapat bersaing dan meningkatkan kesejahteraan pada ekosistem ekonomi digital.