Berita

FASILITASI UMKM KOTA MEDAN GO DIGITAL DISKOP UKM KOTA MEDAN BERKOLABORASI MENDORONG PELAKU UMKM ON BOARDING PADA PROGRAM BELA PENGADAAN
Minggu, 21 Maret 2021, 00:05:16 WIB
Kategori: nasional
2266 Kali Di Lihat

Share :    




Medan, 17 Maret 2021 – #Kolaborasi Medan Berkah; Pemerintah berkewajiban untuk memberikan perlindungan berusaha kepada pelaku usaha mikro dan kecil. Perlindungan tersebut dapat berupa pemberian kesempatan berusaha, seperti sebagai Penyedia Barang/Jasa dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Oleh karena itu, Pemerintah perlu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pelaku usaha mikro dan kecil dalam penyediaan kebutuhan Barang/Jasa di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, demikian salah satu hasil sosialisasi yang dilakukan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terkait Program Bela Pengadaan, Rabu 10 Maret 2021 secara Virtual.

Program Bela Pengadaan merupakan program untuk mendukung Program Usaha Mikro Go Digital melalui proses belanja langsung K/L/PD yang bernilai paling tinggi Rp.50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) kepada UMK yang tergabung dalam Marketplace.

Hal tersebut sejalan dengan Visi Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M dan H. Aulia Rachman S.E, untuk menciptakan Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan (SAKASANWIRA) dan mendorong pelaku UMKM Go Digital.

Untuk menjawab keinginan Wali Kota tersebut, Dinas Koperasi UKM Kota Medan berkolaborasi dengan Bagian Perlengkapan dan Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kota Medan melakukan sharing dan diskusi dengan salah satu stake holder dalam Program Bela Pengadaan untuk mengetahui secara teknis langkah-langkah yang harus dan akan ditempuh dalam upaya mewujudkan Pelaku UMKM Kota Medan on boarding dalam aplikasi Bela Pengadaan.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat tersebut, masing-masing pihak telah memiliki pemahaman dan persepsi yang sama terkait memajukan Pelaku UMKM melalui Bela Pengadaan. Hasil diskusi akan menjadi bahan laporan dan telaahan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan kedepannya terkait on boarding pelaku UMKM dalam Program Bela Pengadaan. Diharapkan program ini akan membawa Berkah bagi pelaku UMKM Kota Medan, untuk mewujudkan pelaku UMKM naik kelas dan sejahtera melalui UMKM Go Digital.