Berita

DORONG TRANSFORMASI KOPERASI MODERN, DISKOP UKM MEDAN SOSIALISASI TATA KELOLA MANAJEMEN KOPERASI BERBASIS DIGITAL
Rabu, 17 Februari 2021, 11:07:59 WIB
Kategori: koperasi
490 Kali Di Lihat

Share :    




Medan, 17 Februari 2021 – Tantangan yang dihadapi sektor koperasi yakni bagaimana koperasi ke depan dapat masuk ke dalam bagian rantai pasok yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Dengan melibatkan kemitraan dalam rantai pasok, profesional, dan koefisien tumbuh tinggi, khususnya pada sektor riil yang memiliki daya ungkit tinggi.

Dalam Outlook transformasi koperasi pada 2021, Koperasi diharapkan mampu meningkatkan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) per tahunnya hingga mencapai 5,10 sampai 5,50 persen pada 2024. Lalu terbentuknya 100 koperasi baru yang modern dan berbasis digital per tahun hingga mencapai 400 unit pada akhir 2024 sesuai amanat RPJMN 2019 sampai 2024.

Salah satu strategi menuju koperasi modern adalah digitalisasi dalam pelayanan dan usaha koperasi yang menjadi suatu keharusan untuk dilakukan dalam menghadapi era digital.

Dinas Koperasi UKM Kota Medan, mendorong transformasi koperasi di Kota Medan menjadi semakin modern dari kondisinya sekarang. Sebab saat ini koperasi cenderung masih berjumlah banyak tapi skalanya kecil, berdiri sendiri, dan nilai tambahnya kecil. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi tata kelola manajemen koperasi berbasis aplikasi.

Sosialisasi diadakan pada tanggal 27 Januari 2021 dengan peserta sebanyak 30 koperasi dari berbagai jenis dan kelompok. Untuk memasuki ekosistem digital para pelaku Koperasi paling tidak harus melalui lima tahapan.

Pertama, kesadaran dan kepedulian kita sudah memasuki industri 4.0 semua serba digital, kedua diperlukan pengetahuan dan literasi digital, kompetensi digital, penggunaan digital dalam aktivitas sehari-hari, dan tahap kelima kita sudah masuk transformasi digital dalam aktivitas usaha. Dengan pelaksanaan sosialisasi ini, diharapkan dapat mempercepat transformasi koperasi modern di Kota Medan.