Berita

DINAS KOPERASI UKM KOTA MEDAN DUKUNG UMKM NAIK KELAS DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL
Rabu, 12 Agustus 2020, 22:59:01 WIB
Kategori: Teknologi komunikasi
449 Kali Di Lihat

Share :    




Medan, 12 Agustus 2020 – Bertepatan dengan Hari UMKM Nasional Ke-5 tanggal 12 Agustus 2020, Dinas Koperasi UKM Kota Medan berpartisipasi dalam Webinar yang bertajuk “UMKM Naik Kelas dengan Pemanfaatan Teknologi Digital” yang dikemas oleh Telkomsel dalam bentuk program UMKM Movement, Rabu (12/08/2020).

 

 

 

 

 

Program yang dikemas dalam kegiatan Webinar ini bertujuan untuk merangkul para pelaku UMKM agar dapat bangkit dengan meningkatkan produktivitas serta memperluas pasar secara digital, terutama di masa penuh tantangan saat ini.

Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP dalam sambutannya yang sekaligus membuka Webinar UMKM Movement Kota Medan, menyampaikan apresiasi atas komitmen Telkomsel yang konsisten membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia dengan mempercepat adopsi teknologi dalam ekosistem ekonomi digital melalui pengembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Dalam kesempatan sebagai narasumber, Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan juga memaparkan langkah-langkah yang telah dan akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Medan dalam hal ini Dinas Koperasi UKM Kota Medan dalam mendukung UMKM Naik Kelas melalui Pemanfaatan Teknologi Digital.

“di era Revolusi Industri 4.0 seperti sekarang ini, terlebih lagi pandemi COVID-19 yang telah mengguncang semua sendi kehidupan kita, tidak terkecuali usaha pelaku UMKM, mau tidak mau, suka tidak suka, pelaku UMKM harus didorong untuk berperan dalam ekonomi digital”

Dinas Koperasi UKM Kota Medan telah melakukan berbagai langkah untuk mendorong pelaku UMKM di Kota Medan berperan aktif dalam ekosistim ekonomi digital saat ini. Pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UKM Kota Medan, dikemas sedemikian rupa untuk menjawab tantangan saat ini serta sebagai tindakan mitigasi dalam pembinaan pemasaran produk-produk UMKM binaan. Ditengah refocusing anggaran APBD karena Pandemi COVID-19, Dinas Koperasi UKM Kota Medan tetap berusaha untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang mendorong pemasaran produk-produk UMKM Kota Medan di pasar digital.

“Dinas Koperasi UKM Kota Medan telah melaksanakan pelatihan Digital Marketing dalam kaitannya dengan pemanfaatan Media Sosial yang dimiliki oleh pelaku UMKM sebagai sarana pemasaran, serta optimalisasi web Dinas Koperasi UKM Kota Medan sebagai web portal galeri produk-produk UMKM”

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP juga mengharapkan kegiatan Webinar sebagaimana yang telah diinisiasi oleh Telkomsel saat ini dapat terus berkelanjutan demi terwujudnya UMKM Naik Kelas.

“Kami juga berharap agar pihak Telkomsel dapat terus berkomitmen untuk mendukung UMKM Naik Kelas Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital dengan terus menginisiasi program-program yang bermanfaat secara langsung kepada pelaku UMKM khususnya pelaku UMKM Kota Medan”

Untuk para pelaku UMKM, Dra. Edliaty, M.AP, berpesan agar menjadikan kendala yang kita hadapi saat ini sebagai peluang serta tidak menyerah dan selalu berinovasi agar dapat bertahan ditengah pandemi saat ini.

Pada kesempatan Webinar UMKM Movement tersebut, Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan juga mensosialisasikan Peraturan Wali Kota Medan Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID – 19) di Kota Medan.

“mari kita menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) antara lain melakukan cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, serta menggunakan masker, masker mu untuk menjaga ku, masker ku untuk menjaga mu” demikian pungkas Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Medan.