Running Teks
28 Maret 2016 - 09:40:26 WIB Berita admin

Pemerintah Kota Medan Komitmen Kembangkan UMKM

Pemerintah Kota Medan Komitmen Kembangkan UMKM

Pemkot Medan Komitmen Kembangkan UMKM

 
Pemkot Medan Komitmen Kembangkan UMKM
umkm (Antarasumut/jrd/ist)
 
Medan, 24/3 (Antara) - Pemerintah Kota Medan berkomitmen untuk terus mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu, karena selama ini dinilai terbukti mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Sekretaris Daerah Kota Medan Syaiful Bahri di Medan, Kamis, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM, dan berbagai pembinaan juga terus dilakukan sehingga pelaku industri kecil tersebut mampu bertahan dan bersaing dengan industri besar.

Karena selama ini pihaknya meyakini industri kreatif selain mampu menyerap banyak tenaga kerja sehinga dapat menekan tingginya angka penganguran, UMKM juga dapat memberikan pemberdayaan pada rumah tangga untuk menambah penghasilan.

"Medan telah memiliki UMKM centre yang dapat menampung produk-poduk dari berbagai cluster, dan disetiap kecamatan telah dibangun pusat UMKM yang dapat mewadahi produk unggulan setiap kecamatan," katanya saat membuka pameran produk unggulan dan peluang bisnis Jawa Timur.

Ia mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi digelarnya pamaeran produk unggulan dan peluang bisnis provinsi Jawa Timur di Medan, apalagi memang Jawa Timur memiliki potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UKM) yang luar biasa, bahkan rata-rata telah menjajaki pasar interansional.

Untuk itulah Kota Medan juga harus lebih banyak belajar lagi dalam menmgembangkan para UKM yang ada, semoga dengan gelar produk unggulan dapat memberikan tempat bagi para pelaku UMKM dalam mempromosikan produk-produknya hingga keseluruh Indonesia.

Ia berharap dengan pameeran tersebut, selain sebagi pusat promosi dan pemasaran juga dapat dijadikan sebagai ajang saling tukar menukar informasi mengenai produk UMKM unggulan daerah masing-masing.

Serta dapat saling berdikusi, baik mengenai permasalahan yang melanda UMKM maupun menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Kalau saya boleh saran, kegiatan ini perlu diselingi diskusi dan konsultasi mengenai pengembangan UMKM, sehingga pengunjung yang memiliki usaha kecil menengah atau industri rumah tangga dapat sharing dan belajar dalam rangka memajukan usahanya," katanya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, Muhammad Ardi Prasetiawan mengatakan, pihaknya membawa 26 pelaku UMKM untuk melakukan pameran di Kota Medan yang digelar 24-27 Maret 2016.

Tujuan acara tersebut untuk mengkampanyekan serta mengajak masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri, sehingga dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) produk UMKM tidak kalah bersaing.

"Sebenarnya dalam hal ini kita sendiri yang memilih apakah kita menjadi pasar atau kita menjadi produsen yang menjual produk negara ASEAN. Inilah yang kita jalin bersama-sama dengan seluruh mitra di Indonesia untuk mengelorakan produk UMKM kita," katanya. ***3***


COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2016

BackDinas Koperasi UMKM Buka Gerai UMKM Taman Sri Deli Next Dinas Koperasi UMKM Medan Sosialisasikan KUR

Tags:

Komentar

Leave a Reply