Running Teks
17 Maret 2016 - 10:32:31 WIB Berita admin

Dinas Koperasi Tingkatkan Promosi Produk UMKM

Dinas Koperasi Tingkatkan Promosi Produk UMKM

Dinas Koperasi Tingkatkan Promosi Produk UMKM

 

Medan, 14/3 (Antara) - Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan terus berupaya meningkatkan promosi berbagai produk yang dihasilkan pelaku usaha kecil agar lebih dikenal masyarakat, baik di Kota Medan maupun luar daerah.

Kepala Seksi Promosi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Dra Anita di Medan, Senin, mengatakan pihaknya terus berupaya agar berbagai produk yang dihasilkan UMKM dapat semakin dikenal oleh masyarakat, di antaranya dengan meningkatkan promosi.

Promosi yang dilakukan melalui berbagai cara, di antaranya membuat buku khsusus tentang produk UMKM serta mengikutkan dalam berbagai pameran maupun acara-acara lainnya.

"Terakhir kita membuka pameran di arena MTQ tingkat Kota Medan di Medan Tuntungan dengan mengikutkan berbagai produk unggulan hasil UMKM," katanya.

Ternyata, lanjut dia, selama MTQ berlangsung, cukup banyak masyarakat yang berkunjung ke stan Diskop dan UMKM Kota Medan, baik yang hanya melihat-lihat maupun membelinya sebagai oleh-oleh.

"Kalau aneka produk makanan dan minuman cukup banyak peminatnya seperti keripik, jus buah, maupun lainnya," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasidan UMKM Kota Medan Arjuna Sembiring mengatakan, pihaknya terus berupaya membantu mencarikan solusi atas berbagai kelemahan yang dimiliki pelaku UMKM di kota itu dalam upaya mengembangkan usahanya.


"Setidaknya ada empat kelemahan UMKM yakni permodalan, pemasaran, sumber daya manusia, dan perizinan. Keempat hal itulah yang coba kita carikan solusinya, sehingga keberadaan UMKM tetap eksis," katanya.


Untuk permodalan misalnya, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan bank swasta dan pemerintah agar mempermudah pemberian pinjaman modal, sehingga pelaku UMKM dapat lebih meningkatkan kapasitas daya saing usahanya.


"Selama ini banyak bank yang menyediakan kredit lunak seperti kredit usaha rakyat atau yang biasa disebut KUR. Hanya saja permasalahannya banyak pelaku UMKM kita yang tidak tahu bagaimana cara mendapatkan pinjaman itu. Di situlah kita memberikan advokasi kepada mereka," katanya.


Kemudian terkait pemasaran, pihaknya melakukan berbagai upaya melakukan promosi hasil produk UMKM kepada masyarakat luas dengan mengikutkan dalam berbagai kegiatan pameran, sehingga masyarakat akan semakin familiar dengan produk usaha kecil itu.

 

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2016

BackDinas Koperasi UMKM Medan Dorong Masyarakat Menjadi Pelaku UMKM Next Dinas Koperasi UMKM Buka Gerai UMKM Taman Sri Deli

Tags:

Komentar

Leave a Reply