Running Teks
04 Maret 2016 - 11:56:34 WIB Berita admin

Dinas Koperasi UMKM Medan Bantu Atasi Kelemahan UMKM

Dinas Koperasi UMKM Medan Bantu Atasi Kelemahan UMKM

Dinas  Koperasi UMKM Medan Bantu Atasi Kelemahan UMKM

 
 
Dinas Koperasi Medan Bantu Atasi Kelemahan UMKM
Arjuna (Antarasumut/septianda)

Medan, 25/2 (Antara) - Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan terus berupaya membantu mencarikan solusi atas berbagai kelemahan yang dimiliki pelaku UMKM di kota itu dalam upaya mengembangkan usahanya.

"Setidaknya ada empat kelemahan UMKM yakni permodalan, pemasaran, sumber daya manusia, dan perizinan. Keempat hal itulah yang coba kita carikan solusinya, sehingga keberadaan UMKM tetap eksis," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Arjuna Sembiring di Medan, Kamis.

Untuk permodalan misalnya, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan bank swasta dan pemerintah agar mempermudah pemberian pinjaman modal, sehingga pelaku UMKM dapat lebih meningkatkan kapasitas daya saing usahanya.

"Selama ini banyak bank yang menyediakan kredit lunak seperti Kredit Usaha Rakyat atau yang biasa disebut KUR. Hanya saja permasalahannya banyak pelaku UMKM kita yang tidak tahu bagaimana cara mendapatkan pinjaman itu. Nah, distulah kita memberikan advokasi kepada mereka," katanya.

Kemudian terkait pemasaran, pihaknya dengan melakukan berbagai upaya terus melakukan promosi hasil produk UMKM kepada masyarakat luas dengan mengikutkan dalam berbagai kegiatan pameran, sehingga masyarakat akan semakin familiar dengan produk usaha kecil itu.

Terakhir dalam pelantikan 15 kepala daerah hasil pilkada serentak 2015 di Lapangan Merdeka Medan baru-baru ini, Dinas Koperasi dan UMKM menyelenggarakan bazar kuliner dengan menghadirkan puluhan produk kuliner UMKM.

Diantaranya keripik teri, orong-orong, ubi keju, martabak telur, kentang keju, kentang teka, dan banyak lainnya yang ternyata cukup diminati oleh para undangan yang menghadiri upara pelantikan tersebut.

Bahkan pihaknya mengajak pelaku UMKM untuk memanfaatkan jaringan internet guna memasarkan produknya, karena melalui media onlie tersebut, jangkauan pemasaran akan lebih luas.

"Selama ini memang masalah pemasaran masih menjadi salah satu kendala bagi UMKM kita. Pemasaran selama ini masih mengandalkan cara-cara konvensional, makanya kami mendorong mereka juga dapat memanfaatkan teknologi internet," katanya.

 

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2016

 

BackDinas Koperasi UMKM Medan Latih Kaum Ibu Keterampilan Tata Boga Next Kerajinan Bordir Unggulan UMKM Medan

Tags:

Komentar

Leave a Reply